8 Kehebatan Lagenda Nokia 3310 Yang Tak Mungkin Dapat Ditangdingi Mana-mana Fon Sepanjang Zaman!!!!

8 Kehebatan Lagenda Nokia 3310 Yang Tak Mungkin Dapat Ditangdingi Mana-mana Fon Sepanjang Zaman!!!!

8 Kehebatan Lagenda Nokia 3310 Yang Tak Mungkin Dapat Ditangdingi Mana-mana Fon Sepanjang Zaman!!!!

Pasaran smartphone kini memang dikuasai Samsung dan Apple. Kedua raksasa teknologi ini melahirkan smartphone dengan teknologi yang sangat canggih. Namun tahukah Anda, produk-produk dari kedua vendor tersebut belum dapat menandingi kehebatan Nokia 3310.

Siapa yang tidak kenal Nokia 3310? Bagi Anda pencinta gadget yang besar di era tahun 2000-an, pasti kenal lagenda Nokia ini. Nokia 3310 pertama kali dijual pada tanggal 1 September 2000. Dan mungkin sampai sekarang masih ada orang yang menggunakannya.

Nokia 3310 yang sangat tersohor sebagai telefon bimbit lagenda ini dinobatkan sebagai telefon bimbit terbaik sepanjang masa oleh laman web teknologi TechRadar. Nokia 3310 disebut sebagai telefon bimbit dari era awal 2000-an yang hingga ini masih lebih dicintai dibanding smartphone baru yang hadir di pasaran saat ini.

Dengan spesifikasi dan fungsinya yang tiada tandingan memang tak dapat dinafikan, Nokia 3310 adalah primadona telefon bimbit di zamannya, ramai antara kita pun beroleh jodoh melalui fon ini kerana ciri keypadnya yang begitu selesa untuk menaip mesej kepada awek-awek….

Penampilannya sangat sederhana, dengan bodi terbuat dari plastik dengan dimensi 113 x 48 x 22 mm dan memiliki berat 133g dengan layar yang masih monocrome. Nokia 3310 merupakan salah satu ponsel yang sangat ikonik. Ponsel ini yang pertama berukuran kecil dari ponsel-ponsel sebelumnya yang kebanyakan memiliki ukuran sebesar batu bata.

Nokia 3310 sendiri hadir dengan spesifikasi yang boleh dibilang pas-pasan. Namun kesederhanaan itulah yang membuat ponsel ini bisa digunakan oleh hampir semua rentang usia dari remaja hingga orang tua. Tak heran jika Nokia 3310 masih menjadi idola banyak orang dan dinobatkan sebagai telefon bimbit terbaik sepanjang zaman.

1. Bateri  Tahan Lama

 Begitu banyaknya fitur dan layar besar membuat smartphone masa kini haus baterai. Hal itu tidak terjadi pada ponsel keluaran masa lalu, termasuk Nokia 3310. Fitur sederhana dan layar hitam putih membuat ponsel masa lalu sangat irit soal urusan baterai. Cukup sekali isi ulang bisa bertahan sampai berhari-hari.

Rata-rata smartphone yang ada di pasaran saat ini memiliki kapasitas baterai di atas 2.000 mAh. Sementara Nokia 3310 hanya 950 mAh. Namun hebatnya, dengan kapasitas tersebut, Nokia 3310 memiliki waktu stand by 260 jam. Sementara waktu bicara mencapai 4,5 jam.

2. Casing yang boleh ditukar-tukar dengan ratusan casing

Fon masa lalu teknologi software dan hardwarenya masih terbatas, sehingga tidak banyak yang bisa diunggulkan. Nah, salah satu cara produsen untuk menghadirkan diferensiasi adalah dengan casing ponsel yang bisa diganti-ganti.
Begitupun dengan Nokia 3310, pengguna dapat mengganti cover-nya dengan melakukan banyak kustomisasi. Bahkan tak cuma bagian belakang, cover depan pun bisa diubah tampilannya. Menariknya lagi, ada ratusan motif dan warna yang dapat dipilih untuk mempercantik tampilan ponsel ini. Pengguna bahkan bisa mix and match cover, sehingga membuat warna ponsel berbeda dengan lainnya.

3. Game Terbaik Snack & Space Impact

Game fon masa lalu jelas tidak ada apa-apanya dibandingkan ponsel masa kini yang dibekali grafis maupun sistem permainan tingkat tinggi. Namun jangan salah, game masa lalu bisa juga bikin kecanduan. Sebut saja Snake atau Space Impact yang biasanya sudah terinstall dalam ponsel Nokia.
Nokia 3310 memang identik dengan game Snake yang melegenda. Dalam game ini, pemain bertugas membuat tubuh ular menjadi panjang tanpa menabrak. Sementara Space Impact menghadirkan pesawat terbang yang menembaki musuh. Pada masa itu, game ini sudah cukup menarik untuk menghabiskan waktu luang. Meskipun jumlahnya tidak begitu banyak, game yang dihadirkan masih dianggap terbaik hingga kini.

4. Ringtone Composer

Sekarang memang banyak aplikasi yang memungkinkan kita membuat music sendiri. Tapi sebelum semua aplikasi itu hadir, Nokia 3310 sudah lebih dulu menghadirkannya. Ponsel jadul memang hanya memiliki nada suara sederhana atau monophonic. Meski ala kadarnya, nada suara ini pernah menghadirkan keasyikan tersendiri. Nokia 3310 bahkan memiliki fitur yang disebut sebagai ringtone composer.

Dengan fitur yang satu ini, pengguna bisa membuat nada dering yang bermacam-macam. Bahkan, ada buku yang berisi khusus cara membuat nada dering dengan irama lagu-lagu terkenal. Dulu, buku semacam ini cukup laris. Biasanya, ringtone composer sudah ada sebagai fitur bawaan di handset-handset keluaran Nokia.

5. Tahan lasak

Untuk yang satu ini, smartphone masa kini jelas tidak ada apa-apanya. Bahkan dibandingkan dengan smartphone “berlabel tangguh” sekalipun. Nokia 3310 sendiri tidak pernah dilabeli tahan banting, namun ponsel yang satu ini sudah terkenal sangat tahan banting.

Terjatuh berkali kalipun, ponsel ini masih tetap bandel alias tidak rusak atau coak sedikitpun. Bandingkan dengan smartphone masa kini yang kalau terjatuh ke lantai sekali saja, layarnya bisa langsung retak atau bodinya baret-baret.

Beda kejadiannya dengan Nokia 3310. Bahkan sampai terjatuh berkali-kalipun, masih ada yang mampu bertahan hidup. Jika bentuknya menjadi tidak karuan atau casingnya merenggang, itu hal biasa. Ada pengguna yang mengakalinya dengan memasang karet atau selotip untuk merekatkan bodi ponsel. Luar biasa bandel bukan.

6. Display screen yang boleh dilihat walaupun di bawah matahari terang
Smartphone masa kini memang sudah banyak menggunakan layar yang memiliki kualitas menakjubkan. Namun saat berada di luar ruangan yang terkena sinar matahari, layar menjadi sulit terlihat. Berbeda dengan Nokia 3310, layar LCD monokrom yang digunakan handset ini masih bisa terlihat, meski sedang berada di bawah terik sinar matahari.

7. Editor Gambar
Selain fitur ringtone composer, Nokia 3310 juga memiliki fitur menarik lainnya, yaitu editor gambar. Fitu ini bisa digunakan untuk membuat gambar di layar monokrom 3310. Caranya sangat mudah, Anda hanya mengatur titik-titik kecil hitam dan putih di dalam layar monokrom tersebut, hingga membentuk gambar tertentu atau sebuah tulisan. Jika Anda kurang ahli membuat gambar, bisa juga membelinya di gerai aplikasi atau majalah-majalah gaul, maupun majalah gadget.

8. Rekod Penjualan

Ponsel Nokia benar-benar menguasai pasar di awal tahun 2000-an. Hampir semua lapak toko ponsel isinya ponsel Nokia. Dari semua ponsel Nokia, bisa dibilang legendanya adalah Nokia 3310. Ponsel ini paling banyak diminati, hingga akhirnya dijuluki handphone sejuta umat. Julukan itu memang pantas disematkan untuk Nokia 3310, karena ponsel ini mencatatrekor penjualan yang fantastis. Dirilis pertama kali 1 September 2000, Nokia 3310 terjual hingga 140 juta unit di tahun 2005. Angka tersebut setara dengan penjualan ponsel Nokia antara tahun 1991 hingga 1998.
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *